Penggunaan Metode Bermain Benteng Terhadap Peningkatan Hasil Pembelajaran Lari Cepat 50 Meter pada Siswa Kelas V SDN 77 Ganra

MURNIATI, MURNIATI (2015) Penggunaan Metode Bermain Benteng Terhadap Peningkatan Hasil Pembelajaran Lari Cepat 50 Meter pada Siswa Kelas V SDN 77 Ganra. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
19. Murniati jurnal.doc

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode bermain benteng terhadap peningkatan hasil pembelajaran lari cepat 50 meter siswa kelas V SDN 77 Ganra dan meningkatkan ketuntasan pembelajaran lari 50 meter. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan setiap siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 9 siswa. Data penelitian ini adalah data primer meliputi data hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan tutor sebaya selama pembelajaran. Data sekunder meliputi data hasil belajar lari cepat 50 meter siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes praktik, pengamatan, dan tes tertulis. Untuk menguji validitas data dilakukan dengan triangulasi. Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 2 siswa (22,22%) tuntas belajar dan 9 siswa (77,78%) belum tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 33,33% yaitu 3 siswa telah tuntas belajar dan 6 siswa (66,67%) belum tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 100% yaitu 9 dari 9 siswa telah tuntas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) metode bermain benteng pada pembelajaran lari cepat 50 meter berpengaruh positif pada hasil belajar kelas V SDN 77 Ganra; (ii) Peningkatan yang signifikan dengan menggunakan metode bermain benteng pada pembelajaran lari cepat 50 meter berpengaruh positif pada hasil belajar kelas V SDN 77 Ganra yang ditunjukan frekuensi hasil belajar.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui bantuan tutor sebaya adanya peningkatan dengan menggunakan metode bermain benteng pada pembelajaran lari cepat 50 meter pada siswa kelas V dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 05:43
Last Modified: 13 Apr 2018 05:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7478

Actions (login required)

View Item View Item