Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 1 Tellu Siattinge

Dewa, Cici Nurul Magfirah (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 1 Tellu Siattinge. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah memproses dan menghasilkan modul pembelajaran matematika model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME yang berkualitas yaitu valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek uji coba produk pengembangan ini adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Tellu Siattinge dengan jumlah peserta didik 27 orang. Prosedur penelitian terdiri dari atas empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Tahap define/pendefinisian yaitu analisis kurikulum, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap design/perancangan yaitu mendesain produk dan perangkat. Tahap develop/pengembangan yaitu mengembangkan produk dan perangkat pembelajaran serta melakukan validasi dan uji coba modul. Tahap disseminate/penyebaran yaitu tahap menyebarkan luaskan produk tapi pada penelitian ini hanya dilakukan penyebaran terbatas. Data penelitian diperoleh menggunakan angket validasi, angket respon siswa dan guru, observasi keterlaksanaan penggunaan modul, aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Produk pengembangan oleh ahli dikategorikan “valid“ dengan nilai rata-rata 4,1, sedangkan pengembangan perangkat pembelajaran pendukung yaitu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikategorikan “valid” dengan nilai rata-rata 3,9. Guru memberikan respon positif yaitu rata-rata 90,6% sedangkan siswa memberikan respon positif terhadap modul dengan respon rata-rata 87,7%. Aktivitas siswa dikategorikan “sangat aktif” dengan nilai rata-rata 3,7. Tes hasil belajar dengan nilai klasikal ketuntasan 100% dan rata-rata siswa memiliki ketuntasan belajar yaitu 85,5% Kepraktisan dalam keterlaksanaan penggunaan modul dikategorikan “sangat terlaksana” dengan nilai rata-rata 3,9. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:58
Last Modified: 13 Apr 2018 03:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7476

Actions (login required)

View Item View Item