Efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) setting koopertaif tipe two stay two stray (TSTS) efektif pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa

FAISAL J, MUHAMMAD (2017) Efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) setting koopertaif tipe two stay two stray (TSTS) efektif pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (52kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran problem based learning (PBL) setting koopertaif tipe two stay two stray (TSTS) pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa dan sampel yakni kelas VIII.E sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data keterlaksanaan model pembelajaran, data aktivitas peserta didik, data tes hasil belajar matematika, dan data angket respons peserta didik yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran bearada pada kategori terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 3,82 (lebih dari 3,49), aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori sangat aktif dengan skor rata-rata 3,58 (lebih dari 2,49), hasil belajar matematika peserta didik berada pada kategori tinggi dengan mean 82,56 dan standar deviasi 8,19, tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 87,5%, rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar berada pada kategori tinggi yaitu 0,77, respons peserta didik terhadap penerapan model model pembelajaran problem based learning (PBL) setting koopertaif tipe two stay two stray (TSTS) berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,55 (lebih dari 3,49). Hasil penelitian secara infrensial menunjukkan bahwa hasil belajar, gain, respon peserta didik terpenuhi dengan p-value < α yang berarti H0 ditolak, tetapai proporsi ketuntasan klasikal tidak terpenuhi dimana Zhitung < Ztabel yang berati H0 diterima. Secara umum disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) setting koopertaif tipe two stay two stray (TSTS) tidak efektif ditinjau dari segi proporsi ketuntasan klasikal secara inferensial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 May 2018 05:39
Last Modified: 08 May 2018 05:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7468

Actions (login required)

View Item View Item