Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scientific pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kab. Barru.

NASRIANI, NASRIANI (2017) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scientific pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kab. Barru. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kab. Barru, (2) bagaimana proses pembelajaran matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan scientific pada kelas X SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kab. Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kab. Barru Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa terhadap model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan scientific. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis data mengenai kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I sebesar 71,08 dan pada siklus II sebesar 85,95. Selanjutnya data hasil kemampuan berpikir kreatif yang memperoleh nilai melampaui KKM = 75 pada siklus I sebesar 33,33% dan pada siklus II sebesar 87,88%. Hasil respon siswa menunjukkan bahwa secara keseluruhan aspek mendapat respon kurang positif dengan presentase sebesar 63,34% pada siklus I dan pada siklus II mendapat respon sangat positif dengan presentase sebesar 97,58%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Trigonometri melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan scientific pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:52
Last Modified: 13 Apr 2018 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7446

Actions (login required)

View Item View Item