Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Materi Geometri Dimensi Dua Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pitumpanua.

HASNIBA, HASNIBA (2016) Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Materi Geometri Dimensi Dua Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pitumpanua. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL HASNIBA.docx

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open-ended efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pitumpanua. Keefektifan pembelajaran yang dimaksud dalam hal ini adalah apabila hasil belajar matematika, aktivitas siswa, respons siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa telah memenuhi kriteria keefektifan Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan desain one-group pre-test post-test design yang bercirikan adanya perlakuan (treatment) terhadap objek yang akan diteliti. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran berbasis masalah pendekatan open-ended. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pitumpanua yang terdiri dari 8 kelas dan kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pendekatan open-ended yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil belajar, aktivitas, respons, dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran berbasis masalah pendekatan open-ended. Data aktivitas siswa menggunakan analisis rata-rata sedangkan data hasil belajar, respons, dan kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) skor rata-rata hasil belajar peserta didik pada pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open-ended berada pada kategori tinggi dengan rata-rata nilai 81,9 dan terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan dengan rata-rata nilai gain 0,71 serta ketuntasan klasikal 93,3%; 2) Aktivitas peserta didik pada pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open-ended berada pada kategori sangat baik; 3) Respons peserta didik pada pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open-ended berada pada kategori cenderung positif dengan rata-rata 3,5, dan (4) Hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open-ended berada pada kategori sedang dengan rata-rata 79,7 dan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signifikan dengan rata-rata nilai gain 0,64. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikansi α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open-ended efektif diterapkan pada materi dimensi dua di kelas XI SMK Negeri 1 Pitumpanua.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:36
Last Modified: 13 Apr 2018 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7435

Actions (login required)

View Item View Item