Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi melalui Teknik Show Not Tell (Menunjukkan Bukan Memberitahukan) Peserta Didik Kelas X MIA-1 SMA Negeri 1 Bulukumba.

HANDAYANI, EKA APRILYA (2015) Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi melalui Teknik Show Not Tell (Menunjukkan Bukan Memberitahukan) Peserta Didik Kelas X MIA-1 SMA Negeri 1 Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS EKA.docx

Download (113kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengkaji peningkatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 1 Bulukumba. Penelitian ini mengambil subjek peserta didik kelas X MIA-1 SMA Negeri 1 Bulukumba tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah pesera didik 32 orang. Pelaksanaan penelitian dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tiga kali tindakan. Pada tahap pelaksanaan siklus I dan siklus II dipergunakan lembar observasi dan tes pengetahuan serta keterampilan menulis teks eksposisi untuk mengumpulkan data yang diperlukan dan sebagai tolok ukur keberhasilan pembelajaran menulis teks eksposisi peserta didik berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu 2,67. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui melalui teknik show not tell (menunjukkan bukan memberitahukan), pembelajaran menulis teks eksposisi peserta didik kelas X MIA-1 SMA Negeri 1 Bulukumba pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil penilaian meningkat. Guru mata pelajaran dinilai berhasil meningkatkan dan melakukan perencanaan pembelajaran yang memberi nilai lebih baik. Tahap tindakan, guru mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran dan peserta didik mengalami perubahan perilaku ke arah yang lebih positif. Tahap penilaian, hasil tes pengetahuan dan keterampilan menulis teks eksposisi dengan memperhatikan aspek isi, struktur teks, kosakata, kalimat, dan mekanik menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik belum mencapai standar ketuntasan klsikal yang telah ditentukan. Pada siklus II, peserta didik sudah mencapai standar ketuntasan klasikal dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa teknik show not tell (menunjukkan bukan memberitahukan) dapat meningkatkan pembelajaran menulis teks eksposisi peserta didik kelas X MIA-1 SMA Negeri 1 Bulukumba setelah dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian tersebut sejalan dengan teori bahwa teknik show not tell (menunjukkan bukan memberitahukan) dapat mengoptimalkan potensi peserta didik, khususnya dalam pembelajaran menulis. Oleh karena itu, saran berdasarkan hasil penelitian ini yaitu guru hendaknya menerapkan teknik show not tell (menunjukkan bukan memberitahukan) dalam pembelajaran menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:34
Last Modified: 13 Apr 2018 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7433

Actions (login required)

View Item View Item