Penerapan Etika Rumah Sakit Dalam Pelayanan Publik di RSUD Abepura Jayapura.

OHOIWUTUN, YOSEPHINA (2015) Penerapan Etika Rumah Sakit Dalam Pelayanan Publik di RSUD Abepura Jayapura. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk; mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip etika rumah sakit dalam pelayanan publik di RSUD Abepura, mendeskripsikan dan menjelaskan faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan prinsip-prinsip etika rumah sakit dalam pelayanan publik di RSUD Abepura. Penelitian ini merupakan penelitian kualiatif menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui; observasi, wawancara mendalam (indepth interviuw) dan studi dokumentasi. Sumber data dan informan penelitian meliputi; Direktur RSUD, Dokter, Perawat, Karyawan, Pasien dan Keluarga Pasien. Analisis data dilakukan melalui reduksi data,penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan etika rumah sakit di RSUD Abepura telah dilaksanakan, namun belum secara optimal. Hal ini tergambar dalam pelaksanaan kewajiban-kewajiban rumah sakit. Kewajiban umum rumah sakit dapat terlaksana namun belum optimal karena adanya kekurangan tenaga fungsional, sarana dan prasaran baik ruangan, peralatan medik maupun peralatan perhotelan rumah sakit. Kewajiban rumah sakit terhadap masyarakat dapat terlaksana yang dilakukan melalui SOP dan komunikasi yang baik melalui petugas maupun brosur dan surat kabar. Kewajiban rumah sakit terhadap pasien dapat terlaksana dengan jujur, tidak diskriminasi dan mengutamakan keselamatan pasien. Kewajiban rumah sakit terhadap staf/karyawan belum terlaksana dengan optimal, baik rekruitmen, koordinasi maupun pengawasan. Kewajiban rumah sakit dalam melaksanakan kerjasama dengan instansi terkait belum optimal masih perlu adanya usaha yang terus menerus tentang pendanaan, tenaga-fungsional maupun peralatan yang dibutuhkan (2) Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penerapan etika rumah sakit adalah iklim organisasi terutama komitmen dan teladan dari pimpinan, konflik kepentingan terutama antara RSUD dengan masyarakat pemilik tanah, dan faktor sanksi yang belum dilaksanakan secara tegas. Di samping itu, rumah sakit sebagai suatu organisasi yang dipenuhi oleh berbagai macam profesi, belum memiliki komite etik yang dapat memberikan pertimbangan bagi pelanggaran etik di rumah sakit.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:31
Last Modified: 13 Apr 2018 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7430

Actions (login required)

View Item View Item