Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Aplikasi Strategi Think Talk Write Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa

DJAFAR, SILVYANI (2015) Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Aplikasi Strategi Think Talk Write Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
1 BAB I.docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pemecahan masalah matematika melalui aplikasi strategi think talk write pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) tes hasil belajar yang mengukur kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika, (2) lembar observasi aktivitas siswa, (3) lembar observasi pengelolaan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik analisis data kualitatif digunakan pada data aktivitas siswa dan teknik analisis data kuantitatif digunakan pada tes hasil belajar dan data respons siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peningkatan keaktifan siswa dalam menyelesaikan soal dengan benar dengan empat langkah yaitu rata-rata skor siswa dalam memahami masalah adalah 7,29 meningkat menjadi 8,00 dari skor ideal 8,00; rata-rata skor siswa dalam merencanakan penyelesaian 6,21 meningkat menjadi 9,75 dari skor ideal 16,00; rata-rata skor siswa dalam melaksanakan penyelesaian 10,96 meningkat menjadi 14,05 dari skor ideal 16,00 dan rata-rata skor siswa dalam memeriksa kembali jawaban yang diperoleh 5,71 meningkat menjadi 8,21 dari skor ideal 12,00; (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematika yang indikatornya terjadi peningkatan skor rata-rata siswa dalam menyajikan pernyataan matematika secara tertulis melalui simbol adalah 8,37 meningkat menjadi 9,60 rata-rata skor siswa dalam melakukan manipulasi matematika adalah 11,70 meningkat menjadi 13,07 dan rata-rata skor siswa dalam menarik kesimpulan dari pernyataan matematika adalah 10,33 meningkat menjadi 11,43. (3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang indikatornya terjadi peningkatan skor rata-rata siswa dalam memahami masalah adalah 8,67 meningkat menjadi 9,20, rata-rata skor siswa dalam merencanakan penyelesaian 12,07 meningkat menjadi 13,03, rata-rata skor siswa dalam melaksanakan penyelesaian 12,53 meningkat menjadi 13,37, dan rata-rata skor siswa dalam memeriksa kembali jawaban yang telah diperoleh 10,23 meningkat menjadi 11,07 (4) peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa, terjadi peningkatan yaitu 80,12 meningkat menjadi 81,20; dengan standar deviasi masing-masing yaitu 3,21; 2,79; dan 4,29.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 00:58
Last Modified: 13 Apr 2018 00:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7371

Actions (login required)

View Item View Item