Ungkapan Kesopanan Bahasa Inggris siswa dalam kelas interaksi pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Takalar

SYAFRIWANA, SYAFRIWANA (2015) Ungkapan Kesopanan Bahasa Inggris siswa dalam kelas interaksi pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Takalar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTICLE.docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui ekspresi kesopanan siswa dalam bahasa Inggris yang ada pada transkrip rekaman audio dalam belajar bahasa Inggris, (2) untuk mengidentifikasi perbedaan kesopanan bahasa Inggris siswa yang diungkapkan oleh pria dan wanita dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Takalar, yang terletak di jalan Ranggong Daeng Romo Takalar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Peserta dari penelitian ini adalah siswa tingkat akhir IPA satu di SMAN 2 Takalar yang terdiri dari 37 siswa, terbagi dalam 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan tahun akademik 2015/2016. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan audio dan rekaman video kepada siswa. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif, menurut Patton (1987). Metode kualitatif memungkinkan peneliti untuk mewawancarai dan untuk menginterpretasikan hasil sesuai dengan situasi kehidupan nyata. Hal ini memungkinkan penggunaan bahasa ekspresif dan adanya suara-suara peserta dalam teks. Hal ini penting karena suara membawa aspek-aspek lain seperti suasana hati dan nada yang mungkin berkontribusi terhadap kualitas data. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kesopanan siswa, terdiri dari positif dan negatif, (a). Positif ("Kami setuju dengan topik tentang”, “ok, terima kasih”, “kami setuju"). (b). Ekspresi kesopanan negatif, "sudahmako", "ah, apa yang kau bicarakan; yakin, apa kamu yakin? Peneliti menemukan beberapa data yang yang menunjukkan perbedaan-perbedaan antara kesopanan wanita dan pria yang berkesimpulan bahwa siswa laki-laki lebih sopan dibandingkan dengan siswa perempuan. Sebagai contoh siswa laki-laki mengungkapkan “kamu salah” dan siswa perempuan biasanya menggunakan kata ”sorry” dan “permisi” dalam memproduksi ungkapan ungkapan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 00:41
Last Modified: 13 Apr 2018 00:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7357

Actions (login required)

View Item View Item