Perbandingan Kualitas Belajar Siswa yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group to Group Exchange (GGE) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Pokok Bahasan Limit Pada Kelas XI IPA SMA Negeri 18 Makassar

Padaunan, Auditio (2017) Perbandingan Kualitas Belajar Siswa yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group to Group Exchange (GGE) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Pokok Bahasan Limit Pada Kelas XI IPA SMA Negeri 18 Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I.2.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kualitas belajar matematika siswa berdasarkan kriteria perbandingan (aktivitas siswa, percaya diri, hasil belajar dan peningkatan hasil belajar) yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GGE, dan tipe TGT. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 18 Makassar tahun ajaran 2016/2017 dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai kelas sampel penelitian. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif yaitu: (1) aktivitas siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GGE berada dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata skor yaitu 3,85 dengan persentase 96% sedangkan untuk tipe TGT berada dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata skor yaitu 3,89 dengan persentase 97,5%, (2) persentase percaya diri siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe GGE berada pada kategori tinggi yaitu 67%, dan untuk tipe TGT berada pada kategori tinggi yaitu 85% (3) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GGE berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 87,48 dengan standar deviasi 7,61 dan persentase ketuntasan klasikal yaitu 96%, sedangkan untuk tipe TGT berada dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata 94,14 dengan standar deviasi 3,91 dan persentase ketuntasan klasikal yaitu 100% (4) rata-rata peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GGE berada pada kategori tinggi dengan skor 0,83 dengan satndar deviasi 0,08, dan untuk tipe TGT berada pada kategori tinggi dengan skor 0,93 dengan satndar deviasi 0,044. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GGE dan TGT. Sehingga diperoleh kualitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe TGT lebih baik dibandingkan model pembelajaran koperatif tipe GGE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Apr 2018 01:37
Last Modified: 11 Apr 2018 01:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7331

Actions (login required)

View Item View Item