. Pengembangan Model Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemandirian Santri Pondok Pesantren Kabupaten Sinjai

ISMAIL., ISMAIL. (2017) . Pengembangan Model Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemandirian Santri Pondok Pesantren Kabupaten Sinjai. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (47kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Darul Hikmah Sinjai sebagai kebutuhan pengembangan model; (ii) membuat gambar komponensial prototipe model pendidikan karakter untuk meningkatkan kemandirian santri; (iii) membuat gambaran model operasional pendidikan karakter untuk meningkatkan kemandirian santri; dan (iv) untuk mengetahui efektifitas model pendidikan karakter dalam meningkatkan kemandirian santri sebagai model yang direkomendasikan untuk dilaksanakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R & D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas subjek pada kegiatan analisis kebutuhan yaitu pembina 30 orang dan santri 60 orang. Subjek pada kegiatan validasi isi model yaitu 3 orang pakar pendidikan. Subjek dalam kegiatan validasi empirik model yaitu pembina dan guru sebanyak 10 orang. Subjek pada kegiatan uji keefektifan model adalah santri sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, teknik wawancara, dan observasi. Teknik analisis data pada tahap analisis data kebutuhan menggunakan rumus persentase. Teknik analisis data pada tahap pengembangan menggunakan rumus rata-rata. Teknik analisis data tahap ekperimen dilakukan melalui uji-t dengan bantuan Program SPSS 16,0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) gambaran pelaksanaan pendidikan karakter pada Pondok Pesantren Kabupaten Sinjai terdapat dua bentuk, yakni ciri khas dan kelemahan pelaksanaan. Ciri khas pembinaan pembentukan karakter menitikberatkan pada bentuk pembinan religius dan keteladanan pimpinan dan pembina. Bentuk pembinaan religius adalah shalat berjamaah di masjid, mengaji di masjid, dan kultum di masjid sedangkan keteladaan pimpinan dan pembina adalah keterlibatan pimpinan dan pembina dalam pelaksanaan aktivitas santri. Kelemahan pelaksanaan pendidikan karakter khusus pada pembentukan karakter melalui pembinaan kepesertadidikan belum memiliki buku model serta perangkat-perangkat model pembinaan karakter. (ii) Gambaran prototipe model pendidikan karakter untuk meningkatkan kemandirian santri pada Pondok Pesantren di Kabupaten Sinjai terdiri atas 2 bagian umum yaitu: (a) Landasan filosofis model dan (b) Landasan operasional model. Landasan filosofis model terdiri atas (a) rasionalisasi model, (b) tujuan model, (c) manfaat model, (d) peran pembina, dan (e) sistem pendukung. Landasan operasional model terdiri atas (a) tahap perencanaan, (b) tahap pelaksanaan, dan (e) evaluasi pembinaan. (iii) Model operasional pendidikan karakter dengan didukung oleh perangkat pembinaan dan dikembangkan melalui tahapan analysis, design, development, implementation, and evaluations menghasilkan model pembinaan yang valid dan praktis; (a) berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi terhadap model pendidikan karakter dan perangkat-perangkat pembinaan (buku pedoman pembina dan buku pedoman santri) dan (b) berdasarkan ketercapaian indikator-indikator yaitu keterlaksanaan model pendidikan karakter serta respon pembina dan respon santri terhadap implementasi model dan perangkat-perangkatnya. (iv) Model pendidikan karakter efektif dipergunakan untuk meningkatkan kemandirian santri Pondok Pesantren Kabupaten Sinjai yang diperoleh melalui indikator-indikator pencapaian pembinaan aktivitas santri melalui program-program pembinaan yaitu; program pembinaan kedisiplinan santri, program hafizh, program pembinaan imam dan dai, program kepemimpinan, serta program pembinaan peduli sosial. Adapun indikator-indikator kemandirian santri yaitu; pengarahan diri, penyelesaian masalah sendiri, keputusan sendiri, bertindak tanpa tekanan, prilaku sesuai kehendak, berprilaku tanpa berharap orang lain, bertanggungjawab terhadap prilaku, siap menerima resiko dan yakin akan kemampuan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Apr 2018 00:31
Last Modified: 11 Apr 2018 00:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7323

Actions (login required)

View Item View Item