KARTINI, KARTINI (2017) Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terintegrasi Model Pembelajaran Langsung dan Metode Course Review Horay pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Moncongloe Kabupaten Maros. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
01 BAB I.docx Download (42kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan metode course review horay (NHT-CRH) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Moncongloe; (2) mendeskripsikan keefektifan Model pembelajaran Lansung dan metode course review horay (PL-CRH) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Moncongloe; (3) mendeskripsikan keefektifan Model pembelajaran kooperatif tipe NHT terintegrasi Model Pembelajaran Langsung dan metode course review horay (NHT-PL-CRH) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Moncongloe; (4) mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan keefektifan pada ketiga model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah adalah randomized pretest-posttest comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Moncongloe dan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster stratified random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah (1) tes hasil belajar, (2) lembar observasi aktivitas siswa, dan (3) angket respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran NHT-CRH dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Moncongloe efektif, (2) Penerapan model PL-CRH dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Moncongloe efektif, (3) penerapan model pembelajaran NHT-PL-CRH dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Moncongloe efektif, (4) komparasi keefektifan terhadap ketiga model pembelajaran secara inferensial menggunaka uji MANOVA menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran NHT-CRH dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT-PL-CRH pada indikator peningkatan hasil belajar (gain) dan respons siswa. Selanjutnya secara deskriptif model pembelajaran kooperatif tipe NHT-PL-CRH lebih efektif dibandingkan kedua model pembelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 08:18 |
Last Modified: | 10 Apr 2018 08:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7317 |
Actions (login required)
View Item |