DAHALIA, DAHALIA (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengembangan ModulPembelajaranFisika Berbasis Tutor Sebaya Pada Materi Pokok Gerak di SMAMuhammadiyahKalosi. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
ARTIKEL DAHALIA.docx Download (43kB) |
Abstract
Penelitianiniadalahpenelitianpengembangan yang bertujuanuntukmenghasilkanmodulberbasistutor sebaya pada gerak lurus yang valid, praktis, danefektif. Pengembanganmodulpembelajaranberpedomanpadalangkah-langkahpengembangan model Dick and Carey yang terbagidalamsepuluhtahapanyaitu: Analisiskebutuhanuntukmengidentifikasitujuan(instructional goal), analisispembelajaran, identifikasitingkahlakuawal/ karakteristiksiswa, perumusantujuankinerja (indikator), pengembanganinstrumenpenilaian, penyusunanstrategipembelajaran, pengembanganataupemilihanbahanajar, penggunaanperangkatpembelajarandenganmelaksanakanevaluasiformatif, merevisi modul, sertamerancangdanmelaksanakanevaluasisumatif. Modul yang divalidasioleh 2 validator menunjukkanbahwa rata-rata hasilpenilaianmodulsebesar 4,30 beradapadakategorisangat valid, (ii) hasilujicobalapanganberdasarkanpengamatandaridua observer menunjukkanbahwamodulpembelajaranmemenuhikriteriacukupefektifdengankategori: ketercapaianhasilbelajarsebesar 88,89%, danpengamatanaktivitassiswamenunjukkanbahwaempatkategoripengamatanaktivitassiswaterpenuhi, (iii) hasilanalisis data padahasilujicobalapanganberdasarkanpengamatandaridua observer menunjukkanbahwamodulpembelajaranmemenuhikriteriapraktisdengankategori: pengelolaanpembelajaranmemenuhikategoribaikdengannilaikemampuan guru 4; danresponsiswa memenuhikriteriaresponpositifsebesar 72,99%. Kata kunci: Tutor Sebaya, Dick and Carey, danGerak Lurus
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 07:06 |
Last Modified: | 10 Apr 2018 07:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7293 |
Actions (login required)
View Item |