Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengembangan ModulPembelajaranFisika Berbasis Tutor Sebaya Pada Materi Pokok Gerak di SMAMuhammadiyahKalosi

DAHALIA, DAHALIA (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengembangan ModulPembelajaranFisika Berbasis Tutor Sebaya Pada Materi Pokok Gerak di SMAMuhammadiyahKalosi. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL DAHALIA.docx

Download (43kB)

Abstract

Penelitianiniadalahpenelitianpengembangan yang bertujuanuntukmenghasilkanmodulberbasistutor sebaya pada gerak lurus yang valid, praktis, danefektif. Pengembanganmodulpembelajaranberpedomanpadalangkah-langkahpengembangan model Dick and Carey yang terbagidalamsepuluhtahapanyaitu: Analisiskebutuhanuntukmengidentifikasitujuan(instructional goal), analisispembelajaran, identifikasitingkahlakuawal/ karakteristiksiswa, perumusantujuankinerja (indikator), pengembanganinstrumenpenilaian, penyusunanstrategipembelajaran, pengembanganataupemilihanbahanajar, penggunaanperangkatpembelajarandenganmelaksanakanevaluasiformatif, merevisi modul, sertamerancangdanmelaksanakanevaluasisumatif. Modul yang divalidasioleh 2 validator menunjukkanbahwa rata-rata hasilpenilaianmodulsebesar 4,30 beradapadakategorisangat valid, (ii) hasilujicobalapanganberdasarkanpengamatandaridua observer menunjukkanbahwamodulpembelajaranmemenuhikriteriacukupefektifdengankategori: ketercapaianhasilbelajarsebesar 88,89%, danpengamatanaktivitassiswamenunjukkanbahwaempatkategoripengamatanaktivitassiswaterpenuhi, (iii) hasilanalisis data padahasilujicobalapanganberdasarkanpengamatandaridua observer menunjukkanbahwamodulpembelajaranmemenuhikriteriapraktisdengankategori: pengelolaanpembelajaranmemenuhikategoribaikdengannilaikemampuan guru 4; danresponsiswa memenuhikriteriaresponpositifsebesar 72,99%. Kata kunci: Tutor Sebaya, Dick and Carey, danGerak Lurus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 07:06
Last Modified: 10 Apr 2018 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7293

Actions (login required)

View Item View Item