Model Pelatihan Motivation, Innovative, Development, Achievement (MIDA) dalam Pengelolaan Limbah Industri Pakaian Jadi

SURYANI, HAMIDAH (2017) Model Pelatihan Motivation, Innovative, Development, Achievement (MIDA) dalam Pengelolaan Limbah Industri Pakaian Jadi. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (53kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui cara pengembangan model pelatihan motivation, innovative, development, achievement (MIDA) dalam pengelolaan limbah industri pakaian jadi di Kota Makassar dan 2) mengetahui hasil pengembangan model pelatihan motivation, innovative, development-achievement (MIDA) dalam pengelolaan limbah industri pakaian jadi yang valid, praktis dan efektif di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), yakni pengembangan model pelatihan MIDA dalam pengelolaan limbah industri pakaian jadi dengan mengacu pada model pengembangan Plomp. Subjek uji coba adalah masyarakat pengrajin kain perca di Kota Makassar. Data kevalidan model diperoleh melalui penilaian buku model Pelatihan MIDA, dan perangkat-perangkat pelatihan serta instrumen. Data kepraktisan model diperoleh melalui pengamatan keterlaksanaan model pelatihan MIDA dan kemampuan instruktur mengelola pembelajaran. Data keefektifan model diperoleh melalui aktivitas peserta pelatihan, hasil evaluasi peserta, dan respons peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan model pelatihan MIDA menggunakan dua tahap yaitu: (a) tahap research terdiri atas; fase investigasi awal, fase desain, dan fase realisasi, kemudian (b) tahap development terdiri atas; fase tes, evaluasi, revisi dan fase implementasi. 2) Dihasilkan suatu model pelatihan MIDA yang tepat untuk diterapkan dalam pengelolaan limbah industri pakaian jadi, bagi masyarakat pengrajin di Kota Makassar dengan indikator sebagai berikut; a) hasil validasi dari tim ahli/pakar terhadap model pelatihan MIDA, yang terdiri atas: buku model Pelatihan MIDA, perangkat-perangkat pelatihan, dan instrumen seluruhnya telah memenuhi kriteria kevalidan, (b) hasil pengamatan keterlaksanaan model pelatihan MIDA, dan kemampuan instruktur mengelola pembelajaran telah memenuhi kriteria kepraktisan, dan (c) hasil evaluasi peserta pelatihan, aktivitas peserta pelatihan, dan respons peserta pada model pelatihan MIDA, seluruhnya telah memenuhi kriteria keefektifan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:39
Last Modified: 10 Apr 2018 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7282

Actions (login required)

View Item View Item