Model Pengembangan Kemandirian Anak Usia Dini

SARINGAI, SARINGAI (2017) Model Pengembangan Kemandirian Anak Usia Dini. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
MODEL PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN.docx

Download (73kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan analisis tingkat kebutuhan model pengembangan kemandirian anak usia dini, (2) mengetahui bentuk desain model pengembangan kemandirian anak usia dini, dan (3) mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan model pengembangan kemandirian anak usia dini di Taman Kanak-kanak Ikambe Kalase’rena Kabupaten Gowa. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah kelompok A sebanyak 15 orang anak. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menganalisis data lembar validasi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pengembangan kemandirian anak menjadi kebutuhan bagi guru di TK Ikambe Kalase’rena Kabupaten Gowa. Indikasi yang menguatkan adalah 84% guru menyatakan puas dengan adanya bentuk modul sebagai upaya mengembangkan kemandirian anak usia dini serta mampu mengembangkan sikap yang positif terhadap situasi yang beragam. Sementara hasil observasi perkembangan belajar anak mengajarkan sikap kemandirian diperoleh rata-rata perkembangan belajarnya berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan persentase 74% yang dilihat dari 3 (tiga) kegiatan pengembangan kemandirian dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak; (2) Bentuk desain model pengembangan kemandirian anak usia dini di TK Ikambe Kalase’rena Kabupaten Gowa terdiri atas berbagai jenis kegiatan kemandirian meliputi: kegiatan melipat baju; kegiatan membuka/melipat tali sepatu, dan kegiatan menggosok gigi.; dan (3) Tingkat validitas dan kepraktisan model pengembangan kemandirian anak usia dini di TK Ikambe Kalase’rena Kabupaten Gowa menunjukkan bahwa penilaian validator dari semua perangkat disajikan dapat dinyatakan valid untuk digunakan dan setiap komponen yang dikembangkan dinyatakan reliabel. Sedangkan penilaian kepraktisan dilihat dari hasil observasi pengelolaan pembelajaran anak usia dini terlaksana dengan baik. Adapun rata-rata penilaian dari dua orang observer diperoleh hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:37
Last Modified: 10 Apr 2018 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7281

Actions (login required)

View Item View Item