Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam pembelajaran matematika di kelas VIII.3 SMP negeri 2 Parepare

PURWAKA, PURWAKA (2015) Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam pembelajaran matematika di kelas VIII.3 SMP negeri 2 Parepare. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Astikel Tesis Purwaka PPs Matematika.docx

Download (297kB)

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keaktifan dan hasil belajar siswa. Di SMP Negeri 2 Parepare kelas VIII.3 dalam proses pembelajaran matematika masih didominasi oleh guru, sehingga keaktifan siswa dalam kelas masih kurang. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa yang rendah. Mengatasi masalah yang sedemikian, maka harus dilakukan suatu perbaikan yaitu diterapkannya model pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan ketika belajar matematika, siswa akan antusias dalam belajar matematika, siswa dapat berpikir kritis, logis, dan dapat memecahkan masalah dengan sikap terbuka yang salah satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Jenis penelitian ini adalah PTK yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Hal ini terlihat pada kondisi awal pra siklus yang menunjukkan bahwa prosentase hasil belajar siswa hanya 26,66% siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus I yaitu 66,67% siswa yang tuntas belajar, selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 93,33% dan pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu ≥ 80%, kemudian untuk melihat peningkatan keaktifan belajar siswa pada pra siklus hanya 33,33%, dan pada siklus I yaitu 56,94%, selanjutnya siklus II yaitu 81,67%. Siklus II sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥70%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII.3 di SMP Negeri 2 Parepare.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 05:46
Last Modified: 10 Apr 2018 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7257

Actions (login required)

View Item View Item