Pengaruh Pemanfaatan Lingungan Sosial dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Inpres Se-Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa

MULIATI, MULIATI (2017) Pengaruh Pemanfaatan Lingungan Sosial dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Inpres Se-Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL MULIATI.docx

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemanfaatan lingkungan sosial dan motivasi belajar terhadap hasil belajar, mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap hasil belajar, mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, dan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sosial dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Se-Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data melalui angket. Populasinya adalah seluruh siswa SD Inpres Se-Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa yang berjumlah 3370. Teknik penyampelan yang digunakan adalah Multiphase sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 135 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan lingkungan sosial Siswa SD Inpres Se-Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa didominasi pada kategori cukup sedangkan motivasi belajar Siswa SD Inpres Se-Kcamatan Biringbulu Kabupaten Gowa didominasi pada kategori kurang dan hasil belajar IPS Siswa SD Inpres Se-Kcamatan Biringbulu Kabupaten Gowa didominasi pada kategori cukup dengan rata-rata sebesar 65,74 dan hasil belajar IPS Siswa SD Inpres Se-Kcamatan Biringbulu Kabupaten Gowa didominasi pada kategori cukup dengan rata-rata sebesar 62,41. (2) Ada pengaruh tidak berarti namun memberikan hubungan yang lemah pemanfatan lingkungan sosial terhadap hasil belajar IPS peserta didik SD Inpers Gugus II Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa yaitu nilai thitung 1,265 < nilai ttabel sebesar 1,97783. (3) Ada pengaruh yang berarti motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS peserta SD Inpres Gugus II Kecamatan Biringbulu Kabupaten Gowa yaitu nilai thitung 6,907 > nilai ttabel sebesar 1,97783. (4) Ada pengaruh yang berarti pemanfaatan lingkungan social dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Se-Kcamatan Biringbulu Kabupaten Gowa yaitu Nilai Fhitung 283,840 > Ftabel 3,06.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 05:36
Last Modified: 10 Apr 2018 05:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7252

Actions (login required)

View Item View Item