Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Perhatian Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 33 Sossok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang

Dahuli, Sinar (2017) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Perhatian Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 33 Sossok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SINAR.docx

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan,untuk mengetahui gambaran perhatian guru dan minat belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 33 Sossok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang, dan untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh orang tua dan perhatian orang tua dengan minat belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 33 Sossok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian korelasional. Variabel dalam penelitian ini yaitu pola asuh, perhatian guru dan minat belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Dasar Negeri 33 Sossok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Dalam proses pengolahan data dianalisis dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 24.0 for Windows, khusus untuk analisis indek gain menggunakan Microsoft Excel. Dari hasil penelitian menunjukkan (1) Hubungan antara pola asuh orang tua terhadap minat belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 33 Sossok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang bahwa ada korelasi antara pola asuh orangtua terhadap minat belajar siswa di sekolah. (2) Hubungan antara perhatian guru terhadap minat belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 33 Sossok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang bahwa ada korelasi antara perhatian guru terhadap minat belajar siswa di sekolah, (3) Pengaruh antara pola asuh orang tua dan perhatian guru terhadap minat belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 33 Sossok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Lebih berpengaruh perhatian seorang guru dibandingkan pola asuh orang tua terhadap minat belajar siswa dilihat dari nilai R dari perhatian guru lebih besar daripada nilai R pada pola asuh orang tua. Kata kunci : pola asuh, perhatian guru dan minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 03:54
Last Modified: 10 Apr 2018 03:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7230

Actions (login required)

View Item View Item