. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Drs. Syamsul Sunusi, M.Pd., dan Dr. Ibrahim, S.Ag., M.Pd.

WAHIDA, WAHIDA (2014) . Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Drs. Syamsul Sunusi, M.Pd., dan Dr. Ibrahim, S.Ag., M.Pd. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
WAHIDA. 2014.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK WAHIDA. 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Drs. Syamsul Sunusi, M.Pd., dan Dr. Ibrahim, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perhatian orang tua siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru, dan untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru, serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 160 orang siswa, dan sampel berjumlah 35 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran perhatian orang tua siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru tergolong dalam kategori “baik”, ditunjang dengan aspek perhatian dalam hal memberikan motivasi belajar kepada anak, memberikan penghargaan atau pujian terhadap prestasi yang diperoleh anak, berbincang-bincang atau berkumpul dengan keluarga setiap saat, menyediakan tempat belajar, sumber-sumber belajar dan fasilitas yang mendukung aktivitas belajar anak, serta mengawasi belajar anak, dan gambaran prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru tergolong dalam kategori “baik”, ditunjang dengan tiga aspek yaitu: kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan yang tergolong kuat antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Tanete Riaja Kabupaten Barru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 May 2016 02:34
Last Modified: 03 May 2016 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item