Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas XI IPA di SMAN 1 Donri Donri Kabupaten Soppeng.

NURAENI., NURAENI. (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas XI IPA di SMAN 1 Donri Donri Kabupaten Soppeng. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan instrumen hasil belajar PKn pada peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Donri Donri Kabupaten Soppeng ditinjau dari validitas isi (content validity), tingkat kesukaran, daya beda butir, efektivitas pengecoh, validitas butir, dan reliabilitas. Penelitian ini jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan subjek penelitian ini ialah peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Donri Donri Kabupaten Soppeng. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian hasil belajar PKn di SMA Negeri 1 Donri-Donri yang dikembangakan sebanyak 61 butir telah memenuhi syarat. Instrumen penilaian hasil belajar PKn di SMA Negeri 1 Donri-Donri yang baku sebanyak 61 butir memiliki sebaran tingkat kesukaran butir yaitu sebanyak 2 butir berada pada kategori sulit, 40 butir berada pada kategori sedang, dan 19 butir berada pada kategori mudah dengan rata-rata tingkat kesukaran sebesar 0.6. Instrumen penilaian hasil belajar PKn di SMA Negeri 1 Donri-Donri yang baku sebanyak 61 butir telah memiliki daya beda butir yang baik dengan rata-rata indeks daya beda butir sebesar 0.68. Instrumen penilaian hasil belajar PKn di SMA Negeri 1 Donri-Donri yang baku sebanyak 61 butir telah memiliki pengecoh yang berfungsi. Instrumen penilaian hasil belajar PKn di SMA Negeri 1 Donri-Donri yang baku sebanyak 61 butir telah valid secara secara empirik berdasarkan uji coba lapangan dengan rata-rata indeks validitas sebesar 0.52. Instrumen penilaian hasil belajar PKn di SMA Negeri 1 Donri-Donri yang baku sebanyak 61 butir telah reliabel dengan indeks reliabilitas sebesar 0.95.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 02:56
Last Modified: 10 Apr 2018 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7213

Actions (login required)

View Item View Item