Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Bantimurung Kab.Maros.

Nurlia, Intje St. (2015) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Bantimurung Kab.Maros. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
TESIS.docx

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Penilitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman siswa kelas X dengan menerapkan Think Pair Share hasil belajar siswa dalam menulis cerpen.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan true experimental design. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 4 Bantimurung Kab. Maros yang berjumlah 213 orang yang tersebar ke dalam 8 kelas. Desain ini mengelompokkan sampel dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 orang yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas X1 Sebagai Kelas Eksperimen sebanyak 32 orang, dan kelas X4 sebagai Kelas Kontrol sebanyak 32 orang. Teknik yang digunakan untuk penilitian ini adalah teknik tes, observasi dan wawancara. Tes yang digunakan adalah tes tertulis. Dalam pengolahan data, penulis menggunakan statistik deskriptif dengan uji-t atau uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 4 Bantimurung Kab.Maros tanpa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berada kategori baik, artinya siswa di sekolah ini sudah memahami dan memiliki kemampuan yang baik dalam menulis cerpen. Kedua, kemampuaan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 4 Bantimurung Kab. Maros menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berada kategori amat baik. Keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 4 Bantimurung Kab. Maros mengalami peningkatan, ini terlihat dari hasil pretes dan postes yang mengalami perbedaan signifikan hal ini terlihat dari kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 4 Bantimurung Kab.Maros tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif menulis cerpen berdasarkan pengalaman siswa kelas kontrol dikategorikan sedang nilai rata-rata 68, 89; kemampuan menulis cerpen kelas X SMA Negeri 4 Batimurung Kab. Maros dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif kelas eksperimen dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 76,29; model pembelajaran kooperatif efektif diterapkan pada keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 4 Bantimurung dengan nilai thitung = 2,65 dan harga ttabel = 1, 67591 pada taraf nyata 0,05 dan derajat bebas dk = 50.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 02:13
Last Modified: 10 Apr 2018 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7205

Actions (login required)

View Item View Item