HARMIATI, HARMIATI (2017) Ekspektasi Siswa terhadap Guru Bahasa Inggris: sebuah Studi yang diteliti di SMA Pinrang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
22. Article.docx Download (43kB) |
Abstract
Studi ini merupakan penelitian tentang Ekspektasi siswa terhadap guru bahasa inggris yang diperoleh melalui karakteristik guru Bahasa Inggris yang efektif di SMAN 8 Pinrang. Terdapat 25 siswa terlibat sebagai peserta yang dipilih secara purposive. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor harapan siswa terhadap guru bahasa Inggris berdasarkan 1) kompetensi pedagogik, 2) kompetensi personal, 3) kompetensi sosial, dan 4) kompetensi profesional. Data riset diperoleh dengan menggunakan self-report dan wawancara. Kemudian dianalisa secara kualitatif. Prosedur analisis data termasuk data reduksi, data display, gambaran kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa ekspektasi siswa terhadap guru Bahasa Inggris adalah 1) Kompetensi padagogik adalah memahami karakter siswa, menggunakan informasi dan teknologi, memfasilitasi siswa untuk mengaktualisasikan potensi mereka, mendukung mereka dalam belajar, dan menguasai strategi belajar mengajar, 2) Kompetensi kepribadian meliputi sabar, disiplin, menjadi contoh, ramah, dan humoris, bijaksana, bertanggung jawab, baik, tegas, rendah hati, mengajar dengan kejujuran dan keikhlasan, tidak cepat marah, tidak membuat siswa tegang, tidak terlalu santai, tidak terlalu rajin, tidak kejam, 3) Kompetensi sosial meliputi dekat dengan siswa, dan tidak membeda-bedakan siswa, 4) Kompetensi professional meliputi menguasai materi ajar, suka mengajar, mengajar 4 kemampuan, tidak tergantung pada buku dan 5) Penampilan fisik meliputi tampan, cantik, rapih dan bersih. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ekspektasi siswa terdapat pada empat kompetensi itu. Kata Kunci: Harapan, Harapan Siswa, Guru Bahasa Inggris yang Efektif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 08:31 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 08:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7178 |
Actions (login required)
View Item |