Pengaruh Kemampuan Verbal, Berpikir Divergen, Adversity Intelligence dan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Lau Maros

Mulyani, Andi (2016) Pengaruh Kemampuan Verbal, Berpikir Divergen, Adversity Intelligence dan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Lau Maros. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
12. BAB I.docx

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Verbal, Berpikir Divergen, Adversity Intelligence dan Kepercayaan Diri Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Lau Maros. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Lau Maros pada tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan Sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling. Kemudian didapat 2 kelas sebagai sample yaitu XI MIA 4 dan XI MIA 6. Penelitian ini hanya meneliti siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan jumlah siswa yang mengikuti bimbingan belajar dari 2 kelas tersebut adalah 36 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lima instrumen, yaitu tes kemampuan verbal, tes kemampuan berpikir divergen, angket adversity intelligence, angket kepercayaan diri dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan bantuan program pengolahan data statistik SPSS. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lau Maros yang mengikuti bimbingan belajar berada pada kategori tinggi dan sedang, kemampuan verbal siswa dikategorikan baik, kemampuan berpikir divergen siswa dikategorikan tinggi, adversity intelligence siswa dikategorikan sedang, dan kepercayaan diri siswa dikategorikan tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama antara kemampuan verbal, berpikir divergen, adversity intelligence dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Lau Maros yang mengikuti bimbingan belajar dan kemampuan verbal, adversity intelligence, kepercayaan diri siswa yang mengikuti bimbingan belajar masing-masing berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika, sedangkan kemampuan berpikir divergen siswa yang mengikuti bimbingan belajar tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 08:03
Last Modified: 09 Apr 2018 08:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7177

Actions (login required)

View Item View Item