Analisis Persepsi Dan Nilai-Nilai Budaya Perkawinan Pada Keturunan Sayyid Dan Implikasinya Terhadap Konseling Pranikah (Studi Kasus Pada 2 Orang Siswa Di SMA Negeri 1 Mangarabombang Kab. Takalar).

RAHMATIAH., SITTI (2017) Analisis Persepsi Dan Nilai-Nilai Budaya Perkawinan Pada Keturunan Sayyid Dan Implikasinya Terhadap Konseling Pranikah (Studi Kasus Pada 2 Orang Siswa Di SMA Negeri 1 Mangarabombang Kab. Takalar). S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
jurnal tesis fix.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui persepsi siswa keturunan sayyid terhadap perkawinan dengan penduduk setempat/non sayyid. 2) Untuk mengetahui Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam budaya keturunan sayyid terhadap perkawinan dengan penduduk setempat. 3) Untuk mengetahui implikasi nilai-nilai budaya perkawinan keturunan sayyid terhadap layanan konseling pranikah di SMAN 1 Mangarabombang kab. Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus.dan subyek penelitian ini adalah 2 orang siswa dari keturunan sayiid dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).Persepsi siswa keturunan sayyid tentang nilai-nilai perkawinan dengan penduduk setempat/non sayyid adalah adanya larangan perempuan/syarifah menikah dengan laki-laki non sayyid. 2) Nilai-nilai filosofis dari perkawinan sayyid adalah nilai kesucian, harga diri sebagai keturunan atau silsilah dari Rasulullah SAW serta taat kepada pesan-pesan orang tua 3).Implikasinya terhadap Konseling Pranikah dengan menerapkan treatmen melalui Bk konprehensif berupa konseling pranikah berbasis nilai-nilai perkawinan keturunan sayyid dengan pendekatan kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 07:27
Last Modified: 09 Apr 2018 07:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7171

Actions (login required)

View Item View Item