Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Teks Narasi Siswa Kelas XII SMA Negeri 11 Maros

DEWI., RATNA (2017) Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Teks Narasi Siswa Kelas XII SMA Negeri 11 Maros. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
2.1 BAB I,II,III.doc

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kesalahan pemakaian huruf kapital pada teks narasi siswa kelas XII SMA Negeri 11 Maros; (2) mendeskripsikan kesalahan penulisan kata (gabungan kata dan kata depan di, ke, dan dari) pada teks narasi siswa kelas XII SMA Negeri 11 Maros; (3) mendeskripsikan kesalahan pemakaian tanda baca (tanda titik, tanda koma, tanda tanya, tanda seru, dan tanda petik) pada teks narasi siswa kelas XII SMA Negeri 11 Maros.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, dengan sumber data berupa teks narasi jenis narasi sugestif berupa cerpen yang ditulis oleh siswa kelas XII. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi, yakni dengan mengambil 2 teks narasi pada tiap kelas, sehingga teks yang terkumpul adalah sepuluh cerpen karena rombel yang ada terdiri dari 5 kelas, yakni 3 kelas program IPA dan 2 kelas program IPS. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model alir Miles dan Huberman yang menggunakan konsep penelitian secara bersamaan, yakni: pencatatan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan sementara, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyak penggunaan ejaan yang menyalahi fungsinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penggunaan huruf kapital yang menyalahi fungsi ke-1, fungsi ke-2, fungsi ke-3, fungsi ke-8a, fungsi ke-9, dan fungsi ke-13; (2) penulisan kata yang meliputi kesalahan gabungan kata dan kata depan . Kesalahan penulisan terjadi pada kaidah ke empat (gabungan kata yang mendapat awalan dan akhiran sekaligus ditulis serangkai), serta kesalahan penulisan di sebagai awalan dan sebagai kata depan; (3) penggunaan tanda baca meliputi kesalahan penggunaan tanda titik, tanda koma, tanda tanya, tanda seru, dan tanda kutip. Peneliti menyarankan agar pengajar memperkaya wawasan anak didik tentang ejaan walaupun tidak terdapat dalam RPP, membiasakan anak didik menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang tepat pada penulisan dan mengangkat permasalahan tentang ejaan sebagai topik pembicaraan dalam kegiatan MGMP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 02:49
Last Modified: 09 Apr 2018 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7105

Actions (login required)

View Item View Item