Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Bentuk Tes Formatif terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik di SMPN 1 Labakkang

TAQWA, MUHAMMAD (2016) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Bentuk Tes Formatif terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik di SMPN 1 Labakkang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL HASIL PENELITIAN REVISI.docx

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dan bentuk tes formatif terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar matematika. Penelitian ini dikategorikan penelitian eksperimen semu dengan rancangan factorial 2x2 dengan dua jenis perlakuan yaitu pendekatan pembelajaran dan bentuk tes formatif. Pendekatan pembelajaran terbagi pendekatan ilmiah dan pendekatan konvensional sedangkan bentuk tes formatif terbagi tes uraian dan tes pilihan ganda. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Labakkang, sedangkan sampel penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas VII.1 dan VII.3 sebanyak 62 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan 1) Tes prestasi belajar matematika, 2) Angket motivasi belajar matematika, 3) RPP serta 4) LKPD. Data pada penelitian ini diperoleh dari tes prestasi belajar matematika dan angket motivasi belajar matematika dari peserta didik. Data dianalisis dengan analisis statistik yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial (MANOVA). Hasil dari penelitian ini adalah 1) Terdapat perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar pendekatan ilmiah dengan peserta didik yang diajar pendekatan konvensional, 2) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar matematika antara peserta didik yang diberi tes uraian dan peserta didik yang diberi tes pilihan ganda, 3) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan bentuk tes formatif terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar matematika peserta didik, 4) Terdapat perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar matematika antara peserta didik yang diberi tes uraian dan peserta didik yang diberi tes pilihan ganda setelah diajar dengan pendekatan ilmiah, 5) Terdapat perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar matematika antara peserta didik yang diberi tes uraian dan peserta didik yang diberi bentuk tes pilihan ganda setelah diajar dengan pendekatan konvensional, 6) Terdapat perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan pendekatan ilmiah dan peserta didik yang diajar dengan pendekatan konvensional yang diberikan tes uraian, 7) Tidak terdapat perbedaaan prestasi belajar dan motivasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar dengan pendekatan ilmiah dan peserta didik yang diajar dengan pendekatan konvensional yang diberikan bentuk tes pilihan ganda.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 01:41
Last Modified: 09 Apr 2018 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7091

Actions (login required)

View Item View Item