Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Melalui Pendekatan Saintifik, Problem Posing dan Open Ended dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kelas X SMA Negeri 2 Makale

PALENGKA, INELSI (2015) Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Melalui Pendekatan Saintifik, Problem Posing dan Open Ended dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kelas X SMA Negeri 2 Makale. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL INELSI PALENGKA 2.docx

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa setelah diajar dengan pendekatan saintifik, problem posing dan open ended dalam model pembelajaran berbasis masalah (2) perbedaan peningkatan hasil belajar siswa setelah diajar dengan pendekatan saintifik, pendekatan problem posing, dan pendekatan open ended dalam model pembelajaran berbasis masalah Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasy Eksperiment dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Makale tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas X2 terdiri dari 28 orang, X3 terdiri dari 23 orang, dan X4 terdiri dari 23 orang untuk selanjutnya ketiga kelas ini diajar dengan menerapkan pendekatan saintifik, pendekatan problem posing dan pendekatan open ended dalam model pembelajaran berbasis masalah. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP, LKS, dan Buku Siswa. Instrumen penelitian yakni tes hasil belajar, penilaian diri dan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata – rata skor hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik dalam model pembelajaran berbasis masalah pada aspek pengetahuan adalah 83.33 dan pada aspek sikap adalah 90.03. Siswa yang telah mencapai ketuntasan pada aspek pengetahuan sebesar 84% sehingga ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai dan pada aspek sikap mencapai 96%, sehingga sikap anak tergolong sangat baik. Rata – rata skor hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan problem posing dalam model pembelajaran berbasis masalah pada aspek sikap adalah 86.95 pengetahuan adalah 70,61 dan siswa yang telah mencapai ketuntasan sebesar 23% sehingga ketuntasan hasil belajar secara klasikal tercapai dan pada aspek sikap mencapai 95% sehingga sikap anak tergolong sangat baik. Rata – rata skor hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan open ended dalam model pembelajaran berbasis masalah pada aspek sikap adalah 88.24 dan pada aspek pengetahuan adalah 66.96 dan siswa yang telah mencapai ketuntasan sebesar 35% sehingga ketuntasan hasil belajar secara klasikal belum tercapai. Dan dari aspek sikap 100% siswa tergolong sangat baik (2) terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik, pendekatan problem posing, dan pendekatan open ended.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 01:19
Last Modified: 09 Apr 2018 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7088

Actions (login required)

View Item View Item