Efektivitas Model Pembelajaran Generatif dengan Strategi Write-Pair-Switch dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Makassar.

MATTOLIANG., LISNASARI ANDI (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Generatif dengan Strategi Write-Pair-Switch dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran generatif dengan strategi write-pair-switch dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design, yaitu One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian melibatkan dua kelas eksperimen, yakni kelas X.2 yang terdiri dari 33 siswa dan kelas X.5 yang terdiri dari 35 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Kedua kelas diberi perlakuan yang sama yaitu dengan menerapkan model pembelajaran generatif dengan strategi write-pair-switch. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika siswa, angket penilaian sikap, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respons siswa. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar sebelum penerapan model pembelajaran generatif dengan strategi write-pair-switch berada pada kategori sangat rendah, namun setelah penerapan model pembelajaran generatif dengan strategi write-pair-switch, hasil belajar matematika siswa berada pada kategori tinggi, hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar setelah penerapan model pembelajaran generatif dengan strategi write-pair-switch mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal, peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar berada pada kategori tinggi, hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar setelah diajar menggunakan model pembelajaran generatif dengan strategi write-pair-switch tidak mencapai ketuntasan klasikal, dan sikap siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar berada pada kategori baik; 2) aktivitas siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar pada pembelajaran dengan model pembelajaran generatif strategi write-pair-switch berada pada kategori baik; dan 3) respons siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar pada pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dengan strategi write-pair-switch berada pada kategori cenderung positif. Berdasarkan kriteria keefektifan, model pembelajaran generatif dengan strategi write-pair-switch tidak efektif dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 00:45
Last Modified: 09 Apr 2018 00:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7081

Actions (login required)

View Item View Item