Efektivitas Pengintegrasian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri Terakreditasi A Di Sungguminasa Kabupaten Gowa

ANSHAR, MUSFIRAH (2017) Efektivitas Pengintegrasian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri Terakreditasi A Di Sungguminasa Kabupaten Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (48kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pengintegrasian model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri Terakreditasi A Di Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Akreditasi A di Sungguminasa Kabupaten Gowa dan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data keterlaksanaan pembelajaran, data hasil belajar matematika, data kemampuan komunikasi matematika, data aktivitas siswa, dan data respons siswa. Data keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif sedangkan data hasil belajar matematika, data kemampuan komunikasi matematika, dan respons siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) terlaksana dengan baik. (2) penerapan pengintegrasian model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri Akreditasi A di Sungguminasa efektif ditinjau dari aspek: (a) hasil belajar matematika siswa berada pada kategori tinggi dengan mean 83, rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar siswa berada pada kategori sedang, dan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 91%, (b) kemampuan komunikasi matematika siswa berada pada kategori tinggi dengan mean 83, rata-rata gain ternormalisasi kemampuan komunikasi matematika siswa berada pada kategori sedang, dan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 94%, (c) aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika berada pada kategori sangat aktif, dan (d) respons siswa berada pada kategori positif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukkan bahwa pengintegrasian model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Think Talk Write (TTW) efektif diterapkan pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri Akreditasi A di Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2018 00:10
Last Modified: 09 Apr 2018 00:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7074

Actions (login required)

View Item View Item