Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Sosiodrama Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini

Nurliani, HJ. (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Sosiodrama Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Hj. Nurliani.docx

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana gambaran tingkat kebutuhan perangkat pembelajaran metode sosiodrama berbasis budaya lokal untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini; (2) bagaimana gambaran prototipe perangkat pembelajaran metode sosiodrama berbasis budaya lokal untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini; dan (3) bagaimana gambaran perangkat pembelajaran metode sosiodrama berbasis budaya lokal yang valid dan praktis untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) memberi gambaran kebutuhan perangkat pembelajaran metode sosiodrama berbasis budaya lokal untuk meningkatkan perilaku prososial anak; (2) memberi gambaran prototipe perangkat pembelajaran metode sosiodrama berbasis budaya lokal untuk meningkatkan perilaku prososial anak; dan (3) memberi gambaran perangkat pembelajaran metode sosiodrama berbasis budaya lokal yang valid dan praktis di TK Negeri Pembina Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan oleh Dick and Carey yang bertujuan untuk menghasilkan poduk baru dan menguji keefektifan produk perangkat pembelajaran metode sosiodrama berbasis budaya lokal dalam meningkatkan perilaku prososial anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pengembangan perangkat pembelajaran metode sosiodrama berbasis budaya lokal untuk meningkatkan perilaku prososial anak tampak masih kurang dalam kemampuan sosial dan metode yang digunakan dalam pembelajaran nilai-nilai sosial kurang mengangkat budaya lokal; (2) prototipe perangkat pembelajaran ditinjau dari keseluruhan aspek sudah dinyatakan valid, namun masih terdapat saran-saran perbaikan yang perlu diperhatikan untuk kesempurnaan perangkat pembelajaran tersebut.; dan (3) perangkat pembelajaran metode sosiodrama berbasis budaya lokal telah memenuhi kriteria kevalidan dengan ketercapaian keaktifan anak rata-rata berada pada kategori baik sehingga aktivitas anak selama kegiatan belajar memenuhi kriteria ideal yaitu berada dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 08:55
Last Modified: 06 Apr 2018 08:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7068

Actions (login required)

View Item View Item