Pengembangan Model Pembelajaran Sosial Berbasis Agama untuk Menanggulangi Perilaku Bullying di Sekolah

Masdin., Masdin. (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Sosial Berbasis Agama untuk Menanggulangi Perilaku Bullying di Sekolah. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Bab I -hasil perbaikan ut promosi.docx

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku bullying di sekolah masih kerap terjadi dan menimpa siswa yunior, pelaku bullying adalah siswa yang pernah menjadi korban bullying sebelumnya. Perilaku bullying dipengaruhi oleh ketidakseimbangan psikologis yang dialami individu sehingga cenderung berperilaku bullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk memeroleh model pembelajaran yang valid, praktis dan efektif, dalam menanggulangi perilaku bullying di sekolah. Model Pembelajar Sosial Berbasis Agama (model PESBA-MEPIB) merupakan suatu model pembelajaran yang dikembangkan untuk menanggulangi perilaku bullying melalui pembelajaran di kelas. Prosedur pengembangan dilaksanakan dalam enam tahap, tahap studi pendahuluan, tahap perancangan model, tahap pengembangan model, tahap penelaahan model dan revisi, tahap uji coba model dan resitasi. Hasil pengembangan model menunjukkan (1) hasil pengembangan instrument dinyatakan bahwa semua instrument valid dan memenuhi kriteria yang ditentukan, ditemukan koefisien R=0,897 (2) hasil uji coba model menunjukkan bahwa model yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, danefektif. Hasil uji coba kepraktisan ditemukan T=3,26 hal ini telah memenuhi kriteria kepraktisan. Uji efektifitas model meliputi, (a) ketuntasan belajar, ditemukan 91% siswa mencapai kriteria ketuntasan (b) aktivitas belajar siswa, ditemukan bahwa semua jenis aktivitas belajar diyatakan telah memenuhi kriteria yang ditentukan (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran, ditemukan 3,41, dalam kategori sangat tinggi (d) respon siswa, ditemukan 84,21% siswa memberi respon positif dan 86,36% jumlah aspek yang ditanyakan, dengan rata-rata M=3,27, artinya respon siswa positif (c) sikap spiritual siswa, ditemukan (Sp)=3,37, kriteria tinggi, (f) sedangkan perilaku bullying, empat aspek teramati, ditemukan (Pb)=1,96, artinya terjadi penurunan perilaku bullying secara signifikan dan telah memenuhi kriteria yang ditentukan. Penerapan Model Pembelajaran Sosial Berbasis Agama (Model PESBA-MEPIB) dapat menanggulangi perilaku bullying di sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 08:10
Last Modified: 06 Apr 2018 08:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7050

Actions (login required)

View Item View Item