Pengembangan Model Pembelajaran Optimalisasi Keterampilan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik SMA Parepare

MAS’UD B., MAS’UD B. (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Optimalisasi Keterampilan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik SMA Parepare. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I. PENDAHULUAN .docx

Download (126kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model Pembelajaran Optimalisasi Keterampilan Metakognitif (POKM), dan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, menarik, dan efektif. Permasalahan yang diajukan di dalam disertasi ini adalah “ (1) Apakah model pembelajaran optimalisasi keterampilan metakognitif (POKM) valid ditinjau dari dasar teori, komponen-komponen model, dan perangkat pembelajarannya? (2) Apakah model pembelajaran optimalisasi keterampilan metakognitif (POKM) praktis ditinjau dari keterlaksanaan model dan respon guru? (3) Apakah model pembelajaran optimalisasi keterampilan metakognitif (POKM) menarik ditinjau dari jumlah peserta didik yang tertarik?, (4) Apakah model pembelajaran optimalisasi keterampilan metakognitif (POKM) efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas, serta direspon positif oleh peserta didik? Model pengembangan yang digunakan mengembangkan model POKM mengacu pada model pengembangan Plomp, yaitu (1) investigasi awal, (2) disain, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi. Komponen model merujuk pada Arend dan kriteria kualitas model merujuk pada Nieveen dan Degeng.Subjek uji coba adalah peserta didik kelas XI IPA-4 dan XI IPA SMA Negeri 4 Parepare tahun ajaran 2016/2017 masing-masing berjumlah 25 orang. Data kevalidan model diperoleh melalui instrumen validasi model dan perangkat pembelajaran.Data kepraktisan model diperoleh melalui instrumen keterlaksanaan pembelajaran dan respon guru.Data keefektifan diperoleh melalui instrument tes hasil belajar (penguasaan bahan ajar, kemampuan pemecahan masalah, dan keterampilan metakognitif), aktivitas peserta didik, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran optimalisasi keterampilan metakognitif (POKM) valid, karena karena validasi pakar terhadap model, baik dasar teori, komponen-komponen model, dan perangkat pembelajarannya semuanya valid, (2) model POKM praktis, karena hasil pengamatan menunjukkan terlaksana dengan baik, model POKM direspon positif oleh guru, (3) model POKM menarik, karena sebagian besar peserta didik tertarik mengikuti pembelajaran, (4) model POKM efektif, karena berdasarkan hasil pengujian meningkatkan hasil belajar (penguasaan bahan ajar, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan menerapkan keterampilan metakognitif), dan direspon positif oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 07:00
Last Modified: 06 Apr 2018 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7020

Actions (login required)

View Item View Item