Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS-Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 31 Makassar

SARI., NUR INDAH (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS-Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 31 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS-Jigsaw dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Makassar pada tahun 2016/2017 dan sampel terdiri dari satu kelas yakni kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data hasil belajar matematika siswa, data aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran dan data respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa berada pada kategori tinggi dengan mean 81,66, tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 83%, rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar berada pada kategori tinggi, aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berada pada kategori sangat aktif dengan skor rata-rata 3,59 dan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS-Jigsaw berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,63. Secara umum disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS-Jigsaw efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:22
Last Modified: 06 Apr 2018 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7009

Actions (login required)

View Item View Item