Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Pendekatan SAVI dalam Pembelajaran Matematika Kelas IX SMP Negeri 26 Makassar

Fajrianti, Fajrianti (2018) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Pendekatan SAVI dalam Pembelajaran Matematika Kelas IX SMP Negeri 26 Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
[2] BAB I-V.docx

Download (231kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan pendekatan SAVI dalam pembelajaran matematika kelas IX SMP Negeri 26 Makassar berdasarkan pada kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, kemampuan pemahaman konsep siswa, aktivitas siswa, dan respon siswa. Penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu kelompok yang diberi perlakuan. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMP Negeri 26 Makassar. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas IX. 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) yaitu 36,14 berada pada kategori sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa (posttest) yaitu 82,82 berada pada kategori tinggi, (2) hasil posttest menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 100% (28 siswa) mencapai ketuntasan individu, (3) rata-rata gain ternormalisi sebesar 0,73 (kategori tinggi), (4) Rata-rata hasil kemampuan pemahaman konsep siswa (posttest) yaitu 81,11 (kategori kemampuan baik), (5) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan pendekatan SAVI sebesar 3,79 (terlaksana dengan baik), (6) rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 94,72% siswa aktif, (7) rata-rata persentase siswa yang memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 88,6%. Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan pendekatan SAVI lebih besar dari 74,9 (KKM 75), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,29 (kategori sedang), (3) proporsi siswa yang mencapai KKM 75 lebih dari 84,9%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan pendekatan SAVI efektif digunakan pada siswa kelas IX SMP Negeri 26 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 05:50
Last Modified: 06 Apr 2018 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7001

Actions (login required)

View Item View Item