Pengaruh penggunaan media pembelajaran cfc (colorful flash card) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan penyelesaian masalah pada topik sistem persamaan linear satu variabel (splsv) di kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa

Patahuddin, Qurrata A’yuni (2018) Pengaruh penggunaan media pembelajaran cfc (colorful flash card) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan penyelesaian masalah pada topik sistem persamaan linear satu variabel (splsv) di kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
Qurrata Artikel.docx

Download (300kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran colorfull flash card (CFC) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan penyelesaian masalah siswa SMP Negeri 2 Sungguminasa dalam materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok peserta didik sebagai kelompok kontrol dan kelompok yang diberi perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 9 kelas dan dipilih 2 kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan tes kemampuan penyelesaian masalah. (. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata hasil tes pemahaman konsep siswa di kelompok yang diberi perlakuan adalah 81 dan berada di kategori tinggi sedangkan di kelompok kontrol adalah 76.1 dan berada di kategori sedang, (2) rata-rata hasil tes kemampuan penyelesaian masalah siswa di kelompok yang diberi perlakuan adalah 80.1 dan berada di kategori tinggi sedangkan di kelompok kontrol adalah 73.8 dan berada di kategori sedang, (3) hasil tes pemahaman konsep kelompok yang diberi perlakuan menunjukkan persentase siswa yang memperoleh skor antara 0-54 adalah 0%, siswa yang mendapat skor pada rentang 55-64 adalah 0%, kemudian siswa dengan skor dalam kategori sedang adalah 33,32 % siswa mendapatkan skor dalam kategori tinggi sebesar 57,58%, dan siswa mendapatkan skor sangat tinggi adalah 9,1% dari seluruh sampel sedangkan hasil tes pemahaman konsep kelompok kontrol menunjukkan persentase siswa yang memperoleh skor antara 0-54 adalah 0%, siswa yang mendapat skor pada rentang 55-64 adalah 0%, kemudian siswa dengan skor dalam kategori sedang adalah 67.6 % siswa mendapatkan skor dalam kategori tinggi sebesar 29.4%, dan siswa mendapatkan skor sangat tinggi adalah 3% dari seluruh sampel .dan (4) hasil tes kemampuan penyelesaian masalah kelompok yang diberi perlakuan menunjukkan persentase siswa yang memperoleh skor antara 0-54 adalah 0%, siswa yang mendapat skor pada rentang 55-64 adalah 0%, kemudian siswa dengan skor dalam kategori sedang adalah 45.45 % siswa mendapatkan skor dalam kategori tinggi sebesar 42.43%, dan siswa mendapatkan skor sangat tinggi adalah 12.12% dari seluruh sampel sedangkan hasil tes kemampuan penyelesaian masalah kelompok kontrol menunjukkan persentase siswa yang memperoleh skor antara 0-54 adalah 2.95%, siswa yang mendapat skor pada rentang 55-64 adalah 0%, kemudian siswa dengan skor dalam kategori sedang adalah 73.52% siswa mendapatkan skor dalam kategori tinggi sebesar 23.53%, dan siswa mendapatkan skor sangat tinggi adalah 0% dari seluruh sampel. Hasil analisis inferensial menggunakan manova dengan taraf signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep dan kemampuan penyelesaian masalah peserta didik kelas eksperimen pada pokok bahasan sistem persamaan linear satu variabel (SPLSV) yang diajar dengan menggunakan media CFC dengan pemahaman konsep dan kemampuan penyelesaian masalah peserta didik kelas kontrol pada pokok bahasan sistem persamaan linear satu variabel (SPLSV) yang diajar tanpa menggunakan media CFC Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran CFC berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan kemampuan penyelesaian masalah dalam topic SPLSV di kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 03:18
Last Modified: 06 Apr 2018 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6990

Actions (login required)

View Item View Item