Pengaruh Perilaku Adaptive Help-Seeking Dalam Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Datu, Ainul Yaqien (2017) Pengaruh Perilaku Adaptive Help-Seeking Dalam Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
12. BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
16. BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh perilaku adaptive help-seeking dalam belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontomatene. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontomatene?; 2) Bagaimanakah deskripsi perilaku adaptive help-seeking siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontomatene?; 3) Apakah perilaku adaptive help-seeking berpengaruh positif dalam belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontomatene? Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Populasinya adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontomatene. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk mengetahui data perilaku adaptive help-seeking siswa dan menggunakan tes hasil belajar untuk mengetahui data hasil belajar matematika siswa. Instrumen-instrumen tersebut divalidasi oleh validator ahli, yaitu dosen jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, perilaku adaptive help-seeking dalam belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontomatene, menunjukkan bahwa nilai distribusi frekuensi perilaku adaptive help-seeking dalam belajar matematika peserta didik telah dihitung rata-rata (mean) sebesar 75,61 dalam kategori baik pada interval 68-83. Kemudian data hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontomatene, telah dihitung rata-rata (mean) sebesar 73,72 dalam kategori baik pada interval 68-83. Setelah diketahui dari perhitungan statistik dengan analisis regresi dan perhitungan koefisien determinasi, dimana perilaku adaptive help-seeking dalam belajar matematika (X) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa (Y) kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontomatene sebesar 34,8%. Hal ini diperoleh dari perhitungan r_xy = 0,590 yang signifikan karena r_xy > r_tabel (0,590 > 0,266) pada taraf kesalahan 5%, selanjutnya ditentukan koefisien determinasinya 〖0,590〗^2 = 0,348. Juga perhitungan Nilai F hitung sebesar 30,445 > F tabel sebesar 4,03 pada taraf kesalahan 5%. Dengan ini hipotesisi yang diajukan yaitu perilaku adaptive help-seeking dalam belajar matematika berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Bontomatene. Kata kunci: Adaptive help-seeking, penelitian ex post facto, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 03:00
Last Modified: 06 Apr 2018 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6987

Actions (login required)

View Item View Item