Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa di SMA Negeri 22 Bone

Tul Qulub, Muthmainnah (2017) Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa di SMA Negeri 22 Bone. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
12 BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
16 BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang siswa dari kelas X.a SMA Negeri 22 Bone Tahun Pelajaran 2017/2018. Instrumen dari penelitian ini berupa tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan koneksi matematika, dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kemampuan koneksi matematika siswa dalam pemecahan masalah berdasarkan dua aspek yang diteliti, yaitu (1) Koneksi antar konsep matematika. Subjek yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi memiliki kemampuan koneksi matematika sedang, sedangkan subjek yang memiliki kemampuan awal matematika sedang dan rendah memiliki kemampuan koneksimatematika yang rendah. (2) Menggunakan model matematika dalam masalah kehidupan sehari-hari. Subjek dengan kemampuan awal matematika tinggi dan sedang dapat mengaitkan soal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari ke dalam bentuk matematika. Sedangkan subjek dengan kemampuan awal matematika rendah dapat membuat model matematika dari masalah kehidupan sehari-hari yang diberikan, namun tidak dapat menyelesaikan hingga akhir. Berdasarkan hasil analisis jawaban subjek, kemampuan koneksi matematika siswa kurang sesuai dengan tingkat kemampuan awal matematika yang dimiliki. Pada materi sistem persamaan linear dua variabel, aspek yang pertama menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan awal matematika tinggi memiliki kemampuan koneksi matematika sedang, subjek dengan kemampuan awal matematika sedang memiliki kemampuan koneksi matematika rendah, dan subjek dengan kemampuan awal matematika rendah memiliki kemampuan koneksi matematika rendah. Sedangkan pada aspek yang kedua menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan awal matematika tinggi memiliki kemampuan koneksi matematika tinggi, subjek dengan kemampuan awal sedang memiliki kemampuan koneksi matematika tinggi, dan subjek dengan kemampuan awal matematika rendah memiliki kemampuan koneksi matematika rendah. Kata Kunci: kemampuan awal matematika, kemampuan koneksi matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:50
Last Modified: 06 Apr 2018 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6983

Actions (login required)

View Item View Item