Pengaruh Konsep Diri dan Minat Belajarterhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 4 Pitu Riase Kab. Sidrap

Zuldiyah, Zuldiyah (2017) Pengaruh Konsep Diri dan Minat Belajarterhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 4 Pitu Riase Kab. Sidrap. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
PENGARUH KONSEP DIRI.docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Pitu Riase. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pitu Riase yang terdaftar pada tahun 2016/2017 yang kemudian semua populasi tersebut dijadikan sampel yang disebut dengan penelitian populasi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen yaitu angket konsep diri, angket minat belajar dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh diolah dengan beberapa bantuan program pengolahan data statistik. Hasil analisa statistika deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pitu Riase dikategorikan rendah dengan skor rata-rata 48,16 dengan simpangan baku 22,94 dari skor ideal 100. Konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pitu Riase dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 82,73 dengan simpangan baku 8,43 dari skor ideal 104. Sedangkan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pitu Riase dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 64,04 dengan simpangan baku 7,25 dari skor ideal 80. Hasil analisis inferensila menunjukkan bahwa konsep diri dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pitu Riase, dengan persamaan regresi γ= -39,68+1,211X_1 -0,193X_2 dan koefisien determinasi R2 = 0,171. Hasil analisis inferensial juga menunjukkan bahwa secara parsial konsep diri berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pitu Riase. Namun minat belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pitu Riase. Dari hasil analisi di atas dapat disimpulkan bahwa konsep diri dan minat belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelsa VII SMP Negeri 4 Pitu Riase. Kata Kunci : konsep diri, minat belajar, dan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:40
Last Modified: 06 Apr 2018 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6982

Actions (login required)

View Item View Item