Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Self-Efficacy, Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa

Maliyani, Probo (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Self-Efficacy, Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
[11] BAB I.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap self-efficacy, kecemasan dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda yaitu pada kelompok eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelompok kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sungguminasa pada semester genap 2017/2018. Dua kelas diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa angket self-efficacy, angket kecemasan, dan tes hasil belajar yang dikembangkan sendiri. Hipotesis penelitian adalah self-efficacy, kecemasan dan hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol memiliki perbedaaan yang signifikan Skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen sebesar 3,53 dan skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran kelas kontrol sebesar 3,52. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif, yaitu: (1) hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen berada dalam kategori cukup dengan rata-rata 68,6 dari skor ideal 100 dengan simpangan baku 8,54 serta hasil belajar matematika siswa kelas kontrol berada dalam kategori cukup dengan rata-rata 67,4 dari skor ideal 100 dengan simpangan baku 10,47. (2) self-efficacy matematika siswa kelas eksperimen berada dalam kategori sedang dengan rata-rata 118,1( 51%) dari skor ideal 230 dan self-efficacy matematika siswa kelas kontrol juga berada dalam kategori sedang dengan rata-rata 130,6 (57%) dari skor ideal 230. (3) kecemasan matematika siswa kelas eksperimen berada dalam kategori sedang dengan rata-rata 76,6 (62%) dari skor ideal 124,1 dan kecemasan matematika siswa kelas kontrol juga berada dalam kategori sedang dengan rata-rata 79,3 (64%) dari skor maksimal 124,1. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara self-efficacy matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kecemasan matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan model jigsaw terhadap self-efficacy, kecemasan dan hasil belajar matematika siswa pada kelas VIII SMPN 2 Sungguminasa pada pokok bahasan relasi dan fungsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:29
Last Modified: 06 Apr 2018 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6978

Actions (login required)

View Item View Item