Hubungan Pelaksanaan Supervisi Akademik PengawasSekolah dan Profesionalisme Guru dengan Kualitas Pembelajaran pada SMK Negeri di Kabupaten Soppeng

MIRAWATY B, MIRAWATY B (2017) Hubungan Pelaksanaan Supervisi Akademik PengawasSekolah dan Profesionalisme Guru dengan Kualitas Pembelajaran pada SMK Negeri di Kabupaten Soppeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel MIRA.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) kualitas pembelajaran, (ii) pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah, (iii) profesionalisme guru, (iv) hubungan antara pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan profesionalisme guru secara bersama-sama dengan kualitas pembelajaran pada SMK Negeri di Kabupaten Soppeng. (v) hubungan antara pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dengan kualitas pembelajaran setelah memperhitungkan profesionalisme guru, (vi) hubungan antara profesionalisme guru guru dengan kualitas pembelajaran, setelah memperhitungkan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah. Penelitian ini bersifat ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru SMK Negeri di Kabupaten Soppengsebanyak 163 orang dengan jumlah sampel sebanyak 116 orang guruyang diambil dengan menggunakan prosedurproportionaldanrandom sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket berskala Likertdengan empat pilihan jawaban. Analisis data denganmenggunakan analisis statistik deskriptif, korelasi dan regresi dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa (i) kualitas pembelajaran berada pada kategori rendah, (ii) pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah termasuk kategori rendah, (iii) profesionalisme guru termasuk kategori baik, (iv) pelaksanaan supervisi akademikpengawas sekolah memiliki hubungan yang signifikan dengan kualitas pembelajaran, setelah memperhitungkan profesionalisme guru, (v) setelahmemperhitungkan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah terdapat hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dengan kualitas pembelajaran dan (vi) pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dan profesionalisme guru secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:07
Last Modified: 06 Apr 2018 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6967

Actions (login required)

View Item View Item