Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XII MIA 2 MAN 1 Makassar

Saputra, Arwin Wahyu (2018) Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XII MIA 2 MAN 1 Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII MIA 2 MAN 1 Makassar ditinjau dari gaya kognitif dan gender. Selain peneliti sebagai instrumen utama, data juga diperoleh melalui pemberian tes GEFT, tes tertulis kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi geometri ruang, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIA 2 yang terdiri dari 1 orang siswa laki-laki dengan gaya kognitif Field Independent, 1 orang siswa perempuan dengan gaya kognitif Field Independent, 1 orang siswa laki-laki dengan gaya kognitif Field Dependent, dan 1 orang siswa perempuan dengan gaya kognitif Field Dependent. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis data hasil tes tertulis pemecahan masalah dan wawancara. Umumnya pemecahan masalah siswa dilakukan dengan 4 tahap menurut Polya, yaitu tahap memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan dengan gaya kognitif Field Independent memiliki langkah pemecahan masalah yang sama pada 3 tahap yakni mampu memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, dan melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan baik sedangkan pada tahap memeriksa kembali, kedua subjek ini tampak kurang mampu. Di lain pihak, siswa laki-laki dan perempuan dengan gaya kognitif Field Dependent cenderung memiliki langkah pemecahan masalah yang berbeda pada masing-masing tahap yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 01:53
Last Modified: 06 Apr 2018 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6962

Actions (login required)

View Item View Item