Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Mandar Berbasis Karakter Malaqbiq di Sekolah Dasar Kabupaten Polewali Mandar

SRIMUSDIKAWATI., SRIMUSDIKAWATI. (2016) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Mandar Berbasis Karakter Malaqbiq di Sekolah Dasar Kabupaten Polewali Mandar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Bab 3 desertasi.docx

Download (111kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian bahan ajar bahasa dan sastra Mandar ini menjadi sangat penting karena terjadi kekosongan pembelajaran yang berkaitan dengan muatan lokal bahasa dan sastra Mandar, ini dipicu kekosongan bahan ajar sehingga guru tidak bisa mengajarkan muatan lokal bahasa dan sastra Mandar secara sistematis dan terarah.Oleh karena itu, rumusan masalah penelitian ini adalah (a) bagaimanakah kondisi objektif bahan ajar bahasa dan sastra Mandar berbasis karakter malaqbiq? (b) bagaimanakah karakteristik bahan ajar yang dibutuhkan oleh guru dan peserta didik berbasis karakter malaqbiq? (c) bagaimanakah kevalidan bahan ajar bahasa dan sastra Mandar berbasis karakter malaqbiq? (d) bagaimanakah kepraktisan bahan ajar bahasa dan sastra Mandar berbasis karakter malaqbiq? (e) bagaimanakah keefektifan bahan ajar bahasa dan sastra Mandar berbasis karakter malaqbiq? Dan (f) bagaimanakah keterbacaan bahan ajar bahasa dan sastra Mandar berbasis karakter malaqbiq? Penelitian ini bertujuan mengungkapkan kondisi objektif dan mendeskripsikan karakteristik bahan ajar serta menciptakan bahan ajar bahasa dan sastra Mandar berbasis karakter malaqbiq untuk Sekolah Dasar di Kabupaten Polewali Mandar yang valid, praktis, efektif dan terbaca. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang didesain dengan menggunakan pengembangan 4 D Thiagarajan dan telah valid, praktis dan efektif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SD kelas V di Kabupaten Polewali Mandar. Hasil penelitian ini adalah : (1) kondisi obyektif bahan ajar saat ini kosong. (2) karakteristik bahan ajar adalah bahan ajar cetak yang memiliki karakter malaqbiq. (3) produk bahan ajar ini telah valid pada penilaian kesesuaian SK dan KD, keakuratan bahan ajar dan pendukung bahan ajar dengan rerata skor 3, 64, kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, kekomunikatifan dan keruntutan dan kesatuan gagasan rerata skor 3, 53 dan aspek teknik penyajian, penyajian pembelajaran dan kelengkapan penyajian rerata skor 3, 31. (4) Kepraktisan dengan penilaian lembar observasi keterlaksanaan bahan ajar dengan rerata skor 5, 00, respon guru 4, 86, respon peserta didik 4, 59. Kategori sangat praktis (5) Keefektivan menggunakan analisis paired samples test dari perbedaan hasil uji coba pre dan pos tes kelompok responden 1 nilai t hitung yaitu -8, 525 dan t tabelnya adalah 1, 39 dan kelompok responden 2 t hitung -11, 429 dan t table 0, 69. Aktivitas peserta didik 5, 00 dan respon peserta didik4, 27 (6) keterbacaan rerata tingkat ketuntasannya kelompok responden 1 72, 75 % dengan rerata tingkat ketuntasan kelas kelompok responden 2 yaitu 100 %. Kata Kunci : Bahan Ajar, Bahasa dan Sastra Mandar, Karakter Malaqbiq

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 01:51
Last Modified: 06 Apr 2018 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6961

Actions (login required)

View Item View Item