Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 18 Makassar.

RUSMAYANI., RUSMAYANI. (2017) Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 18 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
1 TESIS.docx

Download (277kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI SMA Negeri 18 Makassar, (2) khusus kelompok motivasi belajar tinggi, menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI SMA Negeri 18 Makassar, (3) khusus motivasi belajar rendah, menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI SMA Negeri 18 Makassar, (4) menganalisis pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik di kelas XI SMA negeri 18 Makassar. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini menggunakan empat kelas yaitu dua kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan dua kelas kontrol yang diajar secara konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 18 Makassar, terdiri atas 5 kelas dengan jumlah keseluruhan 151 orang, dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan empat kelas penelitian yang terdiri atas 119 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajar secara konvensional (2) untuk pesrta didik dengan motivasi belajar tinggi, terdapat terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik antara yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajar secara konvensional (3) untuk peserta didik dengan motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik antara yang diajar dengan menggunkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan yang diajar secara konvensional (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 01:12
Last Modified: 06 Apr 2018 01:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6950

Actions (login required)

View Item View Item