Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri1 Batang

Sukmawati, Sukmawati (2016) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri1 Batang. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, (1) deskripsi hasil belajar matematika setelah menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two untuk kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Jeneponto, (2) keefektifan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Jeneponto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Jeneponto dan dipilih secara acak 1 kelas sebagai kelas sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah sebagai berikut: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran dengan model Kooperatif Tipe The Power Of Two berada dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata 85,36 dengan standar deviasi 7,20 dari skor ideal 100, (2) nilai gain berada pada kategori tinggi, yaitu sebesar 0.73, (3) rata-rata aktivitias belajar siswa sebesar 83.71%, dan (4) rata-rata siswa yang memberikan respon positif sebesar 88,4%. Dari hasil analisis statistika inferensial diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two efektif diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 00:58
Last Modified: 06 Apr 2018 00:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6948

Actions (login required)

View Item View Item