Pengaruh Pembelajaran Inquiri Terbimbing dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Sma Negeri 1 Tanete Riaja Kab. Barru

HANAPING., SATRIANI (2017) Pengaruh Pembelajaran Inquiri Terbimbing dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Sma Negeri 1 Tanete Riaja Kab. Barru. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis secara keseluruhan perbedaan pemahaman konsep fisika antara yang diajar melalui model pembelajaran inquiri terbimbing dan diajar melalui pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kab. Barru, (2) menganalisis perbedaan antara pemahaman konsep fisika antara yang diajar dengan model pembelajaran inquiri terbimbing dan yang diajar melalui pembelajaran konvensional untuk kelompok minat yang tinggi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kab. Barru, (3) menganalisis perbedaan antara pemahaman konsep fisika antara yang diajar dengan model pembelajaran inquiri terbimbing yang diajar melalui pembelajaran konvensional untuk kelompok minat yang yang rendah pada peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kab. Barru, (4) menganalisis interaksi antara pembelajaran dan minat belajar terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kab. Barru. Jenis penelitian yang dipilih adalah peelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini menggunakan empat kelas yaitu dua kelas eksperimenyang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inquiri terbimbing dan dua kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru, terdiri atas 6 kelas dengan jumlah keseluruhan 191 orang, dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan empat kelas penelitian yang terdiri dari 126 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika antara yang diajar melalui model pembelajaran inquiri terbimbing dan diajar melalui pembelajaran konvensional (2) terdapat perbedaan antara pemahaman konsep fisika antara yang diajar dengan model pembelajaran inquiri terbimbing dan yang diajar melalui pembelajaran konvensional untuk kelompok minat yang tinggi (3) terdapat perbedaan antara pemahaman konsep fisika antara yang diajar dengan model pembelajaran inquiri terbimbing yang diajar melalui pembelajaran konvensional untuk kelompok minat yang yang rendah (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan minat belajar terhadap pemahaman konsep fisika peserta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 00:45
Last Modified: 06 Apr 2018 00:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6947

Actions (login required)

View Item View Item