. Pengaruh Sistem Moving Class terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMKN 8 Makassar.Skripsi. Jurusan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Bapak Maharuddin dan Bapak Ibrahim).

Nurul, Fitri (2014) . Pengaruh Sistem Moving Class terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMKN 8 Makassar.Skripsi. Jurusan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Bapak Maharuddin dan Bapak Ibrahim). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Nurul Fitri, 2014.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Fitri, 2014. Pengaruh Sistem Moving Class terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMKN 8 Makassar.Skripsi. Jurusan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Bapak Maharuddin dan Bapak Ibrahim). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan sistem moving class dan prestasi belajar siswa di SMKN 8 Makassar. Serta untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara pelaksanaan sistem moving class terhadap prestasi belajar siswa di SMKN 8 Makassar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari pelaksanaan sistem moving class (variabel X) dengan indikator menata bahan ajar, membuat rangkuman, menggunakan berbagai metode dalam penyampaian, menggunakan berbagai media dalam pembelajaran, memberikan motivasi dan menarik perhatian, memberikan stimulus, serta memberikan umpan balik. Dan prestasi belajar siswa (variabel Y) bersumber dari nilai rapor siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SMKN 8 Makassar sebanyak 982 orang dan yang menjadi sampel sebanyak 91 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskritif dan analisis statistik infrensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gambaran pelaksanaan sistem moving class dalam kategori “baik” ditinjau dari indikator menata bahan ajar dengan kategori “baik”, membuat rangkuman dengan kategori “cukup baik”, menggunakan berbagai metode dalam penyampaian dengan kategori “baik”, menggunakan berbagai media dalam pembelajaran dengan kategori “cukup baik”, memberikan motivasi dan menarik perhatian dengan kategori “cukup baik”, memberikan stimulus dengan kategori “baik”, serta memberikan umpan balik dengan kategori “baik”. Dan gambaran prestasi belajar siswa tergolong dalam kategori “baik” diperoleh dari nilai rapor siswa dalam mata pelajaran IPS. Serta ada hubungan antara pelaksanaan sistem moving class terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 8 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:42
Last Modified: 29 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item View Item