Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pemberian Tugas Terstruktur yang Memanfaatkan Scaffolding Metakognitif pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sinjai Barat.

ANSAR., ANSAR. (2017) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Pemberian Tugas Terstruktur yang Memanfaatkan Scaffolding Metakognitif pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sinjai Barat. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL ANSAR.docx

Download (73kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action reseach) yang digunakan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran matematika melalui pemberian tugas terstruktur yang memanfaatkan scaffolding metakognitif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai perencana, pelaksana dan pelapor hasil penelitian. Instrumen pendukung dalam penelitian ini tes hasil belajarr, pengamatan aktifitas guru dan aktifitas siswa serta pemberian angket respons siswa terhadap pembelajaran matematika. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 34 orang siswa yang terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 7 orang siswa dan siswa perempuan sebanyak 27 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) melalui pemberian penugasan terstruktur yang memanfaatkan scaffolding metakognitif membantu siswa dalam menangani dan menyelesaikan masalah belajar yang dihadapi pada saat proses pembelajaran, (2) melalui pemberian penugasan terstruktur yang memanfaatkan scaffolding metakognitif kualitas pembelajaran meningkat kearah yang lebih baik, (3) berdasarkan hasil dari setiap tes yang diberikan menunjukkan adanya perubahan persentase ketuntasan belajar yang semakin tinggi, (4). melalui pemberian penugasan terstruktur yang memanfaatkan scaffolding metakognitif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 07:40
Last Modified: 05 Apr 2018 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6912

Actions (login required)

View Item View Item