Analisis Kalimat Efektif dalam Menulis Teks Berita Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Watampone

Mangkawani, Andi Puteri (2017) Analisis Kalimat Efektif dalam Menulis Teks Berita Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Watampone. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
Artikel.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) wujud kalimat efektif, dan (2) bentuk kesalahan kalimat dalam menulis teks berita siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Watampone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Data yang dimaksud dalam penelitian ini adalah wujud kalimat efektif, dan bentuk kesalahan kalimat yang diperoleh dari teks berita yang ditulis siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks berita siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Watampone. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah unjuk kerja menulis teks berita dengan teknik analisis data kualitatif deskriptif interpretatif. Pada penelitian ini, ditemukan (1) wujud kalimat efektif, dan (2) bentuk kesalahan kalimat, pada teks berita yang di tulis siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Watampone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud kalimat efektif yang ditemukan pada teks berita siswa berupa (1) kesepadanan dan kesatuan, (2) penekanan dalam kalimat, (3) kehematan dalam mempergunakan kata, dan (4) kevariasian dalam struktur kalimat. Bentuk kesalahan kalimat yang ditemukan pada teks berita siswa yaitu: (1) kesalahan kesepadanan dan kesatuan yang meliputi: (a) kesalahan subjek dan predikat, (b) kesalahan penggunaan kata penghubung, (c) kesalahan gagasan pokok, (d) kesalahan penggabungan dengan “yang” atau “dan”, (e) kesalahan penggabungan menyatakan “sebab” dan “waktu”, (f) kesalahan penggabungan kalimat yang menyatakan hubungan akibat dan hubungan tujuan; (2) kesalahan kesejajaran (paralelisme); (3) kesalahan penekanan dalam kalimat, yang meliputi: (a) kesalahan posisi dalam kalimat, (b) kesalahan urutan yang logis, (c) kesalahan pengulangan kata; (4) kesalahan kehematan yang meliputi: (a) kesalahan pengulangan subjek kalimat, (b) kesalahan hiponimi; (5) kesalahan kevariasian yang meliputi: (a) kesalahan cara memulai kalimat, berupa: kesalahan subjek pada awal kalimat dan kesalahan kata modal pada awal kalimat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 06:17
Last Modified: 05 Apr 2018 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6881

Actions (login required)

View Item View Item