Pengaruh Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Kedisiplinan Belajar Terhadap hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Pallangga

Pertiwi., Pertiwi. (2017) Pengaruh Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Kedisiplinan Belajar Terhadap hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Pallangga. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian “expost-facto” yang bertujuan untuk mengetahui: 1) konsep diri; 2) motivasi berprestasi; 3) kedisiplinan belajar 4) hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pallangga dan untuk mengetahui pengaruh: 5) konsep diri terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pallangga; 6) motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pallangga; 7) kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pallangga; dan 8) motivasi berprestasi terhadap kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pallangga; 9) konsep diri terhadap kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pallangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pallangga dengan jumlah 191 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Teknik yang digunakan untuk menentukan ukuran sampel yaitu dengan teknik slovin dengan jumlah peserta didik sebanyak 146 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes hasil belajar fisika yang telah di uji coba empirik. Data hasil penelitian di analis dengan menggunakan metode analisis Structural equation modeling (SEM) dengan teknik Analysis of Moment Structures (AMOS). Prosedur analisis yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial, analisis faktor dan verifikasi model struktural AMOS. Hasil penelitian menunjukan bahwa model persamaan struktural yang menggambarkan pengaruh konsep diri, motivasi berprestasi, kedisiplinan belajar dan hasil belajar fisika dapat diterima. Melalui model tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pallangga memiliki: 1) konsep diri yang sedang; 2) motivasi berprestasi yang sedang; 3) kedisiplinan belajar yang tinggi; 4) hasil belajar yang sedang; 5) konsep diri tidak signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pallangga; 6) motivasi berprestasi tidak signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pallangga; 7) kedisiplinan belajar berpengaruh secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pallangga; dan 8) motivasi berprestasi secara signifikan berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pallangga; 9) konsep diri secara signifikan berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pallangga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 05:33
Last Modified: 05 Apr 2018 05:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6871

Actions (login required)

View Item View Item