Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IX MTsN Binamu Kabupaten Jeneponto.

Amin, Nursyamsi (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IX MTsN Binamu Kabupaten Jeneponto. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Pengembangan( Nursyamsi).docx

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing yang bersifat valid, praktis dan efektif pada materi bioteknologi pangan . Tahap penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan four D (4-D) atau model Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap define (pendefenisian), design (perancangan ), develop (pengembangan) dan desseminate (penyebaran). Instrumen penilaian terdiri atas tiga yaitu (1) instrumen kevalidan berupa instrumen penilaian kevali dan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbingt,(2) instrumen kepraktisan berupa angket respon guru dan respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran, (3) instrumen keefektifan berupa tes evaluasi hasil belajar siswa dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata kevali dan perangkat oleh dua validator ahli yaitu 4,21 untuk silabus, 4,00 untuk rencana pelaksanaan pembelajaran, 3,12, untuk LKPD berbasis inkuiri terbimbing dan 4, 2 untuk tes hasil belajar peserta didik (THB). Keempat perangkat tersebut berada pada kategori valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh melalui respon guru sebesar 97% (sangat kuat) dan respon siswa sebesar 95,00% (sangat kuat). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing diperoleh 100 % siswa mencapai nilai ketuntasan belajar dan pengamatan aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung sudah baik (83 %) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:23
Last Modified: 05 Apr 2018 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6846

Actions (login required)

View Item View Item